04 May 2021, 07:26 WIB

Jerman Kembali Batalkan Oktoberfest karena Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

JERMAN membatalkan festival bir Oktoberfest untuk tahun kedua secara beruntun karena pandemi covid-19. Hal itu diungkapkan pemimpin Negara Bagian Bavaria Markus Soeder, Senin (3/5).

Oktoberfest, yang menarik pengunjung sebanyak 6 juta dari berbagai penjuru dunia setiap tahunnnya pada akhir September hingga Oktober, pada 2020, dibatalkan untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II.

"Di dalam tenda Oktoberfest, menjaga jarak sosial, mengenakan masker, dan pembatasan lainnya mustahil dilakukan," ujar Soeder usai bertemu Wali Kota Muenchen Dieter Reiter.

Baca juga: Layanan Kereta 24 Jam di New York Bergulir Kembali

"Situasi itu terlalu berbahaya," lanjutnya. "Bayangkan ada gelombang covid-19 baru maka acara ini akan menjadi superspreader. Citra Oktoberfest akan tercoreng dan kami tidak mau hal itu terjadi."

Reiter mengaku sangat menyayangkan pembatalan itu karena Oktoberfest sangat penting bagi penghidupan sejumlah besar orang.

Namun, keduanya berharap festival, yang biasanya meraup pemasukkan sekitar 1,2 miliar euro per tahun untuk perekonomian lokal, bisa kembali digelar pada 2022.

Sepanjang 211 tahun sejarah Oktoberfest, festival minum bir itu telah dibatalkan sebanyak 26 kali. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT