03 May 2021, 09:01 WIB

Angkatan Laut Tiongkok Adakan Latihan di Laut China Selatan


Nur Aivanni | Internasional

TENTARA Pembebasan Rakyat (PLA), pada Minggu (2/5), mengatakan bahwa grup kapal induk Shandong Tiongkok baru-baru ini melakukan latihan rutin di Laut China Selatan. Itu dilakukan setelah Beijing mengkritik AS karena mengirim kapal Angkatan Laut ke kawasan strategis tersebut.

Pekan lalu, Kementerian Pertahanan Tiongkok mendesak AS untuk menahan pasukan garis depannya di udara dan laut dekat Tiongkok. Pesawat pengintai dan kapal perang AS, katanya, telah menjadi lebih aktif di sekitar Tiongkok sejak Presiden Joe Biden menjabat.

Laut China Selatan sangat diperdebatkan karena tetangga Tiongkok yang lebih kecil juga bersaing mengklaim salah satu jalur laut tersibuk di dunia itu, yang diklaim Beijing hampir secara keseluruhan. Tiongkok telah membangun beberapa pulau buatan manusia di perairan yang disengketakan, yang menurut AS sebagai langkah untuk memiliterisasi daerah tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Juru Bicara Angkatan Laut Tiongkok Gao Xiucheng mengatakan bahwa latihan itu sepenuhnya sah dan bagian dari menjaga kedaulatan nasional, kepentingan keamanan dan pembangunan, serta menjaga perdamaian dan stabilitas regional.

"Kami berharap dunia luar akan melihatnya secara obyektif dan rasional. Ke depan, Angkatan Laut Tiongkok akan terus melakukan latihan serupa sesuai rencana, ”kata Gao. (CNA/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT