02 May 2021, 11:25 WIB

Astronaut Tinggalkan ISS Gunakan Pesawat SpaceX


Basuki Eka Purnama | Internasional

EMPAT astronaut, Sabtu (15) meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) menggunakan pesawat SpaceX, setelah menghabiskan waktu selama 160 hari di luar angkasa. Mereka akan mendarat di lepas pantai Florida.

Kapsul Dragon melepaskan diri ISS sesuai jadwal pada pukul 20.35 atau Minggu (2/5) 7.35 WIB. Dengan perjalanan ke Bumi diperkirakan memakan waktu 6,5 jam, kapsul itu diperkirakan jatuh di lepas pantai Panama City Florida pada pukul 13.57 WIB.

"Perpisahan Dragon dengan ISS terkonfirmasi secara visial," ujar NASA setelah dua set penghubung antara Dragon dan ISS dilepaskan.

Baca juga: Korut Tuding Diplomasi AS Palsu

Kapsul itu kemudian bebeapa kali menembakkan pendorong mereka untuk menjauhkan diri dari ISS.

NASA menayangkan langsung gambar kapsul Dragon secara perlahan melakukan perjalanan ke Bumi dengan mesin belakangnya memperlihatkan sejumlah kilatan.

Sebanyak tujuh astronaut bertahan di ISS termasuk empat astronaut baru yang tiba menggunakan pesawat SpaceX yang berbeda, pekan lalu.

"Terima kasih atas keramahannya," ujar Michael Hopkins, salah satu astronaut yang meninggalkan ISS. "Sampai berjumpa lagi di Bumi."

"Kami telah berulang kali berlatih menyelamatkan kru pada siang atau malam hari," ujar Steve Stich, manajer program kru NASA.

SpaceX mengatakan kapal mereka akan mencapai kapsul itu dalam tempo 10 menit setelah kapsul itu mendarat di air.

Astronaut Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, dan astronau Jepang Soichi Noguchi, terbang ke luar angkasa pada November sebagai awak pertama SpaceX, transportasi utama pilihan NASA. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT