02 May 2021, 07:09 WIB

Ratusan Warga Protes Pembatasan Covid-19 di Finlandia dan Swedia


Basuki Eka Purnama, Nur Aivanni | Internasional

RATUSAN orang, Sabtu (1/5), turun ke jalan di ibu kota Finlandia dan Swedia memprotes pembatasan yang diberlakukan pemerintah kedua negara untuk menekan penyebaran covid-19.

Aksi demonstrasi di Helsinki dihadiri 300 orang yang berujung pada 50 orang ditangkap, kata polisi Finlandia lewat Twitter.

Penyelengara aksi demonstrasi di pusat kota itu mengumumkan aksi mereka hanya akan diikuti enam orang, batasan bagi pertemuan di publik selama pandemi.

Baca juga: Paus Buka Bulan Rosario untuk Melawan Pandemi

Mereka yang ditahan di Helsinki didenda sementara yang lainnya dibubarkan oleh polisi tanpa insiden berarti.

Finlandia merupakan salah satu negara Eropa dengan angka infeksi covid-19 terendah namun peningkatan kasus pada Februari lalu membuat pemerintah memberlakukan sejumlah pembatasan, salah satunya menutup restoran.

Di Stockholm, sekitar 500 dan 600 orang turun ke jalan membawa spanduk menuntut kebebasan dan kebenaran selama kurang lebih 2 jam.

Berbeda dengan negara Eropa lainnya, Swedia memutuskan tidak memberlakukan lockdown di awal pandemi dan hanya memberikan arahan dan rekomendasi.

Namun, pada November, menghadapi gelombang kedua covid-19, Swedia membatasi pertemuan di ruang publik menjadi maksimal delapan orang dan mengharuskan kafe, bar, dan restoran tutup pada pukul 20.30 waktu setempat. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT