30 April 2021, 00:00 WIB

Waw! Tesla Raup Untung Rp1,46 T dari Bitcoin


Insi Nantika Jelita | Internasional

PRODUSEN mobil listrik, Tesla melaporkan mendapat keuntungan bersih sebesar US$101 juta atau Rp1,46 triliun dari penjualan bitcoin.

Perusahaan Elon Musk mengungkapkan pada Februari tahun ini mereka menggunakan sebagian dari uang tunai untuk menginvestasikan US$1,5 miliar dalam bitcoin.

Tesla mengaku berhasil untung US$128 juta dari penjualan bitcoin tersebut. Tapi, perusahaan juga merugi US$27 juta dari penjualan aset digital itu. Sehingga, secara keseluruhan Tesla mengantongi keuntungan US$101 juta.

Baca juga: Elon Musk Siap Kuasai Bisnis Luar Angkasa, Jeff Bezos Gigit Jari

Dilaporkan nilai kepemilikan bitcoin (XBT) Tesla yang tersisa adalah US$ 2,48 miliar pada 31 Maret. Angka itu kemungkinan dikabarkan turun drastis, karena nilai bitcoin turun sekitar 10% bulan ini.

Harga bitcoin menurun dengan diperdagangkan pada US$ 54.700 pada Rabu (28/4). Padahal, harga mata uang kripto itu sempat rekor diangka US$65 ribu pada awal bulan ini.

Kepala Keuangan Tesla Zachary Kirkhorn menuturkan, investasi bitcoin perusahaan diangggap terbukti menjadi keputusan yang baik.

Buca juga: Saham Tesla Moncer, Kekayaan Elon Musk Tembus US$169,5 Miliar

Perusahaan itu mengaku melakukan investasi ke bitcoin karena mencari sesuatu yang berkaitan dengan kelebihan uang tunai yang mengharapkan ada keuntungan yang meningkat.

Bitcoin juga memberi Tesla likuiditas yang dibutuhkannya sambil membangun pabrik baru di luar Austin dan Texas, Amerika Serikat, ungkap Zachary.

"Dari perspektif perbendaharaan perusahaan, kami cukup senang dengan banyaknya likuiditas yang ada di pasar Bitcoin," ucap Zachary. "Ketika kami melakukan penjualan pada bulan Maret nanti, kami juga dapat mengeksekusinya dengan sangat cepat," tandasnya. (CNN/OL-8)

BERITA TERKAIT