21 April 2021, 12:20 WIB

Hadiri Acara Keagamaan, Mantan Raja dan Ratu Nepal Positif Korona


Basuki Eka Purnama | Internasional

MANTAN raja dan ratu Nepal dinyatakan positif covid-19 sekembalinya mereka dari India usai menghadiri festival keagamaan yang dihadiri jutaan jemaah.

Mantan raja Nepal Gyanendra Bir Bikram Shah, 73, dan ratunya, Komal Rajya Laxmi Devi Shah, 70, kembali ke Kathmandu, Minggu (18/4), setelah sepekan berada di India untuk perayaan Kumbh Mela.

Juru bicara Shjah, Phani Raj Pathak, mengonfirmasi pasangan bangsawan itu positif covid-19.

"Mereka melakukan isolasi mandiri di Nirmal Niwas," ujarnya dalam pernyataan resmi, Selasa (20/4) sore, mengacu pada kediaman resmi pasangan itu.

Baca juga: Argentina akan Produksi Vaksin Sputnik V untuk Amerika Latin

Kumbh Mela menarik jutaan umat Hindu yang melakukan ritual dengan berendam di Sungai Gangga.

Sejumlah pakar meminta pemerintah India untuk melarang festival itu yang telah menarik sekitar 25 juta orang sejak Januari saat 'Negeri Hindustan' itu kewalahan menghadapi meroketnya kasus covid-19.

Pakar kesehatan juga menyebut festival itu berpeluang menjadi superspreader saat para jemaah yang mengabaikan protokol kesehatan kembali ke desa dan kota mereka di India.

Shah, raja terakhir Nepal, naik tahta pada 2001 setelah kakaknya, Birendra Bir Bikram Shah, dan keluarganya tewas dalam pembantaian yang menewaskan mayoritas bangsawan Nepal.

Dia kemudian lengser dari tahta pada Juni 2008 setelah parlemen memutuskan mengakhiri kekuasaan kerajaan Hindu di Nepal yang telah berlangsung selama 240 tahun dan beralih menjadi republik yang sekuler. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT