20 April 2021, 07:32 WIB

Helikopter Mars NASA Sukses Lakukan Penerbangan Perdana


Basuki Eka Purnama | Internasional

NASA sukses menerbangkan helikoper Ingenuity di Mars, Senin (19/4) waktu setempat, penerbangan pertama di planet lain.

Pesawat berbaling-baling yang memiliki bobot 1,8 kilogram itu lepas landas pada pukul 3.34 waktu setempat (14.34 WIB) dan mencapai ketinggian 3 meter, berputar, dan kemudian kembali mendarat setelah mengudara selama 39,1 detik.

Data dan gambar yang diambil dari penerbangan itu kemudian dikirimkan sejauh 278 juta kilometer kembali ke Bumi yang kemudian diterima oleh NASA dan diolah selama 3,5 jam sebelum diperoleh hasilnya.

Baca juga: Uni Eropa Koreksi Estimasi Pasukan Rusia di Perbatasan Ukraina

Para ilmuwan tidak hentinya mengamati layar komputer di Jet Propulsion Laboratory di California, tempat misi penerbangan itu direncanakan selama enam tahun terakhir.

Mereka bersorak setelah salah satu ilmuwan membacakan tugas yang sukses dilakukan Ingenuity dan menyimpulkan, "Ingenuity telah sukses melakukan penerbangan pertamanya, penerbangan pertama di planet lain."

Helikopter itu kemudian mengirimkan gambar hitam putih dari kameranya yang menunjukkan bayangan helikopter itu di daratan Mars.

Tidak lama kemudian muncul video dari kendaraaan penjelajah Mars Perseverance yang menunjukkan Ingenuity di darat, di udara, dan setelah mendarat.

"Kami telah lama berbicara mengenai momen Wright bersaudara (tokoh yang melakukan penerbangan pertama di dunia) di Mars dan akhirnya momen itu tiba," ujar manajer proyek Mimi Aung kepada timnya.

Penerbangan pertama di dunia dilakukan oleh Wright bersaudara di gurun di Outer Banks di North Carolina pada 1903 yang membawa era baru penerbangan.

Potongan kain dari pesawat perdana itu ditempatkan di kabel di bawah panel surya Ingenuity sebagai penghormatan atas capaian kakak beradik itu. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT