19 April 2021, 17:53 WIB

Menlu Iran Puji Sikap Indonesia Soal Kesepakatan Nuklir


Nur Aivanni | Internasional

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif memuji posisi yang diadopsi oleh Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB) untuk mempertahankan kesepakatan nuklir Iran, Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Rento Marsudi di Jakarta, pada Senin, Zarif mengapresiasi posisi prinsip yang diadopsi Indonesia di Dewan Keamanan PBB untuk mempertahankan JCPOA dan implementasi UNSCR 2231.

Selain itu, Zarif mengungkapkan kepuasannya atas peningkatan perdagangan dan volume ekonomi antara Iran dan Indonesia. Iran dan Indonesia, katanya, memiliki potensi dan kapasitas yang sangat besar untuk memperluas hubungan ekonomi.

Dia juga menekankan perlunya percepatan penyelesaian Preferential Trade Agreement (PTA) antara Iran dan Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Luar Negeri Indonesia memuji hubungan persahabatan antara kedua negara di berbagai bidang terutama bidang ekonomi dan berharap hubungan perdagangan antara kedua negara akan difasilitasi dengan menggunakan joint business commission.

Topik lain yang dibahas oleh kedua belah pihak adalah mengenai dukungan terhadap hukum internasional serta bertukar pandangan tentang perkembangan terakhir dalam proses perdamaian di Afghanistan.

Sementara itu, dalam pernyataan resminya, Kementerian Luar Negeri RI menyampaikan bahwa kedua menteri luar negeri tersebut membahas kerja sama kedua negara dalam bidang kesehatan dan ekonomi khususnya dalam upaya bersama dalam mengatasi pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi.

"Menlu Iran juga telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Bapak Presiden RI," bunyi pernyataan tersebut. (Mehr News Agency/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT