15 April 2021, 06:28 WIB

PM Bulgaria Pastikan tidak akan Mencalonkan Diri Lagi


Basuki Eka Purnama | Internasional

PERDANA Menteri Bulgaria Boyko Borisov, Rabu (14/4), mengatakan dirinya tidak akan mencalonkan diri lagi dan mengajukan seorang mantan menteri luar negeri sebagai kandidat perdana menteri dari partainya.

Partai sayap kanan GERB memenangkan pemilu pada bulan ini. Namun, Borisov, yang telah menjabat selama tiga masa jabatan, pekan lalu, mengatakan dirinya tidak akan mendapatkan dukungan parlemen untuk membentuk pemerintahan baru.

Meski begitu, Borisov mengatakan dirinya akan mengajukan kabinet baru tanpa dirinya sebagai perdana menteri.

Baca juga: Biden: Waktunya Mengakhiri Perang AS di Afghanistan

"Saya tidak akan menjadi kandidat untuk posisi perdana menteri," ujar Borisov yang telah memimpin negara Uni Eropa itu selama satu dekade.

"Saya akan mengajukan kandidat perdana menteri yang bertugas memperkuat posisi Bulgaria di Eropa dan NATO," imbuh pria berusia 61 tahun itu.

Borisov mengatakan dirinya akan mencalonkan Daniel Mitov, yang merupakan menteri luar negeri Bulgaria antara 2014 dan 2017, sebagai pengganti dirinya.

Demonstrasi antikorupsi mengguncang masa jabatan ketiga Borisov, tahun lalu, dengan demonstran menudingnya melakukan favoritisme dan menggunakan kejaksaan untuk menghancurkan lawan-lawan politiknya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT