14 April 2021, 23:35 WIB

KJRI Los Angeles Gelar Vaksinasi untuk WNI


Insi Nantika Jelita | Internasional

KONSULAT Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles di Amerika Serikat bekerja sama dengan Pemerintah San Bernardino County menyelenggarakan vaksinasi covid-19 massal bagi WNI, seperti diaspora dan mahasiswa atau pelajar Indonesia yang bermukim di California bagian Selatan pada (11/4).

Berrasarkan keterangan pers Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dijelaskan, kegiatan tersebut diselenggarakan di United Indonesian Seventh-day Adventist Church (UNISDAC), Fontana, San Bernardino County dan diikuti oleh leih dari 250 WNI yang bermukim di California Selatan. 

Dikatakan bahwa program vaksinasi diselenggarakan tanpa memperhatikan status keimigrasian WNI dan diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Konjen RI-Los Angeles, Saud P. Krisnawan menyambut baik atas kemitraan dengan San Bernardino County bagi penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 untuk komunitas Indonesia. 

Hal tersebut dianggap Saud, selaras dengan upaya Pemerintah San Bernardino County untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan komunitas yang bermukim di kawasan tersebut untuk mendapatkan vaksinasi.

Mewakili Satgas Covid 19 San Bernardino County, Mr. Michael Jimenez juga menyampaikan apresiasi kepada KJRI Los Angeles yang telah memfasilitasi penyelenggaraan vaksinasi masal.

Pemilihan San Bernardino County sebagai tempat pelaksanaan vaksin diungkapkan atas pertimbangan kawasan tersebut merupakan konsentrasi terbesar WNI di California Selatan.

Pada kegiatan tersebut, para WNI dan diaspora mendapatkan vaksin Pfizer dan dijadwalkan untuk pelaksanaan vaksinasi kedua pada tanggal 2 Mei 2021, di tempat yang sama.

KJRI Los Angeles menyebut, sesuai kebijakan Pemerintah Negara Bagian California, pemberian vaksin ditujukan secara terbatas dengan skala prioritas, diantaranya bagi petugas medis, penegak hukum, lansia, orang dengan penyakit tertentu dan prioritas lainnya. 

Adapun vaksinasi bagi kalangan umum baru mulai dilakukan pada tanggal 15 April 2021, sehingga fasilitasi vaksinasi WNI dinilai merupakan momentum yang tepat, khususnya bagi komunitas WNI di kawasan California bagian Selatan. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT