12 April 2021, 11:01 WIB

Maduro : Venezuela Akan Produksi Vaksin Covid-19 Buatan Kuba


Nur Aivanni | Internasional

PRESIDEN Venezuela Nicolas Maduro, pada Minggu, mengatakan bahwa pihaknya berharap dapat memproduksi dua juta dosis vaksin virus korona Kuba per bulan. Negara di Amerika Selatan itu juga akan mengambil bagian dalam uji coba Tahap 3 untuk vaksin Abdala yang diproduksi oleh sekutu sosialisnya.

"Kami telah menandatangani kesepakatan untuk memproduksi di laboratorium kami, dua juta vaksin sebulan dari vaksin Abdala...sekitar Agustus, September," kata Maduro dalam pidatonya di televisi.

Kuba telah mengembangkan empat vaksin yang berada dalam berbagai tahap uji klinis. Negara kepulauan itu telah mulai memvaksinasi petugas kesehatannya dengan dua vaksinnya yang masih dalam uji klinis tahap ketiga.

Salah satunya adalah Abdala, yang diberikan kepada 124.000 petugas kesehatan, sementara 48.000 relawan mengambil bagian dalam studi klinis paralel Tahap 3. Jika disetujui, Abdala akan menjadi vaksin covid-19 pertama yang sepenuhnya dikembangkan dan diproduksi di Amerika Latin.

Peluncuran vaksin di Venezuela berjalan lambat, dengan negara itu hanya menerima 250.000 dosis vaksin Sputnik V Rusia dan setengah juta dari Sinopharm Tiongkok hingga saat ini. Maduro mengatakan pemerintahnya juga akan menandatangani kesepakatan untuk memproduksi vaksin dengan Rusia, Tiongkok dan dengan negara lainnya.

baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, PM India Luncurkan Festival Vaksinasi

Pemerintah tersebut mengatakan telah membayar lebih dari setengah dari jumlah yang dibutuhkan untuk memperoleh 11,3 juta dosis melalui mekanisme Covax Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Secara resmi, negara berpenduduk 30 juta itu memiliki 175.000 kasus dan sekitar 1.700 kematian, tetapi kelompok pengamat seperti Human Rights Watch mempertanyakan jumlahnya. (AFP/OL-3)

BERITA TERKAIT