11 April 2021, 10:25 WIB

Pemakaman Pangeran Philip Digelar Sabtu Depan


Nur Aivanni | Internasional

PEMAKAMAN Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, akan digelar di Windsor pada Sabtu (17/4), menurut juru bicara Istana Buckingham, pada Sabtu (10/4).

Acara itu akan menjadi "upacara pemakaman kerajaan", bukan pemakaman kenegaraan. Itu sangat mencerminkan keinginan Pangeran Philip. Mengheningkan cipta selama satu menit akan dilakukan saat pemakaman dimulai pukul 15.00 BST di Kapel St. George di Windsor.

Masyarakat tidak akan diizinkan hadir saat prosesi pemakaman tersebut karena jumlah yang hadir pun dibatasi berkaitan pandemi covid-19. Pemakaman akan ditayangkan langsung di televisi.

Baca juga: Biden: Pangeran Philip Orang yang Luar Biasa

Mengingat pembatasan pandemi saat ini, hanya memungkinkan 30 pelayat yang hadir. Skala acara tersebut pun akan diperkecil. Untuk saat ini, belum ada konfirmasi di daftar tamu lainnya.

"Sejalan dengan pedoman pemerintah dan langkah-langkah kesehatan masyarakat, tidak akan ada prosesi publik dan pemakaman akan berlangsung seluruhnya di dalam lahan Kastil Windsor," kata juru bicara istana.

Ratu Elizabeth II telah menyetujui rekomendasi perdana menteri bahwa hari berkabung nasional akan dilakukan selama delapan hari. Sementara, keluarga kerajaan akan menjalani masa berkabung selama dua minggu.

Sky News melaporkan Pangeran Harry akan melakukan perjalanan dari rumahnya di Amerika Serikat untuk hadir, meskipun istrinya yang sedang hamil Meghan telah dinasihati oleh dokter untuk tidak bepergian.(Xinhua/OL-5)

BERITA TERKAIT