11 April 2021, 07:32 WIB

Protes Pembatasan Covid-19, 20 Orang di Finlandia Ditangkap


Nur Aivanni | Internasional

SEBANYAK 300 orang memprotes kebijakan pembatasan covid-19 yang diterapkan di Helsinki, Finlandia, pada Sabtu (10/4). Aksi tanpa izin tersebut berujung pada penangkapan sebanyak 20 orang demonstran ketika mereka menolak membubarkan diri.

Demonstran berkumpul di pusat ibu kota dan pihak berwenang bergerak untuk membubarkan aksi protes karena aksi itu tidak diizinkan. Saat pandemi, pertemuan publik lebih dari enam orang dilarang di Helsinki.

Namun, banyak pengunjuk rasa membentuk prosesi dan mulai berbaris. Polisi mengumumkan 20 orang ditangkap karena menolak mematuhi perintah.

Finlandia dan 5,5 juta penduduknya bernasib di antara yang terbaik di Eropa selama pandemi, terutama disebabkan oleh kepadatan penduduk yang rendah dan kepatuhan terhadap pedoman, yang lebih merupakan rekomendasi daripada hukum.

Tetapi tingkat kejadian naik pada pertengahan Februari. Itu kemudian mendorong pemerintah untuk memberlakukan pembatasan baru termasuk menutup restoran.

Baca juga: Covid-19 Meroket, Pemerintah Finlandia Batasi Pergerakan Warga

Namun, awal bulan ini, pemerintah menarik rancangan undang-undang untuk membatasi pergerakan di beberapa bagian negara itu setelah keberatan tentang legalitasnya.

Aksi protes terhadap tindakan anti-virus juga diadakan pada Sabtu di ibu kota Denmark, Kopenhagen dan di ibu kota Norwegia, Oslo.

Ratusan orang berkumpul di Kopenhagen menentang izin masuk yang baru di saat pandemi. Izin masuk tersebut diperbolehkan bagi seseorang yang telah divaksinasi penuh, dinyatakan negatif dalam 72 jam sebelumnya atau dinyatakan positif dua hingga 12 minggu sebelumnya, memberikan kekebalan terhadap virus.

Di Oslo, sekitar 200 pengunjuk rasa berkumpul, dengan melakukan aksi pembakaran masker.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT