10 April 2021, 10:40 WIB

Helikopter Luar Angkasa NASA Siap Terbang di Mars


Basuki Eka Purnama | Internasional

HELIKOPTER yang ditempatkan NASA di Mars dijadwalkan melakukan penerbangan di Planet Merah itu dalam tempo dua hari setelah sukses menguji rotornya. Hal itu diungkapkan Badan Luar Angkasa Amerika Serikat (AS) itu, Jumat (9/4).

Rencana untuk penerbangan pertama helikopter yang diberi nama Ingenuity itu adalah lepas landas dari Kawah Jezero pada Senin (12/4) pukul 2.54 GMT dan terbang di ketinggian 3 meter di atas permukaan selama tiga menit.

"Kondisi helikopter itu bagus. Semua tampak baik," ujar Tim Canham, pemimpin operasi Ingenuity.

Baca juga: AS Tunggu Iran untuk Hidupkan Kembali Kesepakatan Nuklir

"Tadi malam, kami mencoba putaran 50 rpm, dengan menyalakan semua baling-baling dengan perlahan dan berhati-hati," imbuhnya.

Rencananya, pada Minggu (11/4), Ingenuity akan terbang hanya secara vertikal, bertahan selama 30 detik untuk mengambil gambar kendaraan penjelajah Mars Perseverance, yang mendarat di Mars pada 18 Februari.

Penerbangan itu akan berlangsung secara mandiri dengan program yang telah disiapkan di dalam helikopter itu mengingat sinyal butuh 15 menit untuk mencapai Mars dari Bumi serta kondisi Mars yang berat.

"Mars bukan hanya sulit untuk didarati namun juga berat saat Anda lepas landas dan terbang di sekelilingnya," ujar Project Manager Ingenuity Mimi Aung. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT