09 April 2021, 05:57 WIB

Vaksin Covid-19 Tiba Albania di Tengah Aksi Mogok di Bandara


Basuki Eka Purnama | Internasional

PERJALANAN udara di Albania, Kamis (8/4), masih lumpuh akibat aksi mogok para petugas bandara yang memprotes pemotongan gaji mereka karena covid-19 namun sebuah pesawat yang membawa vaksin virus korona berhasil mendarat di negara itu.

"Besok, situasinya akan kembali normal dengan bergulirnya kembali penerbangan komersial," ujar Menteri Infrastruktur Albania Belonda Balluku.

"Berkat kerja keras pemerintah, kami bisa mendatangkan vaksin Sinovac ke Albania," imbuhnya setelah 100 ribu vaksin asal Tiongkok itu mendarat di Tirana.

Baca juga: Pasien Covid-19 di Brasil Telah Penuhi 90 Persen Kapasitas

Para petugas bandara menuntut gaji mereka dipulihkan setelah mengalami pemotongan sebesar 62% akibat pandemi covid-19 yang menghantam sektor penerbangan di Albania.

Polisi Albania mengatakan sekitar 20 petugas bandara ditangkap pada Rabu (7/4) terkait aksi mogok dan jaksa telah membuka penyelidikan mengenai pihak dibalik aksi mogok tersebut.

Balluku mengatakan pemerintah Albania telah menerjunkan militer untuk mengendalikan satu-satunya bandara internasional di negara itu.

Aksi mogok para pekerja bandara menyebabkan sekitar 30 penerbangan dibatalkan pada Rabu (7/4) dan Kamis (8/4). (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT