08 April 2021, 12:53 WIB

Merkel Dukung Lockdown Jangka Pendek di Jerman


Basuki Eka Purnama | Internasional

KANSELIR Jerman Angela Merkel mendukung lockdown selama jangka pendek di negara itu untuk menekan angka kasus covid-19.

Juru bicara Merkel, Ulrike Demmer, mengatakan kanselir Jerman itu mendukung upaya itu seiring tertekannya sistem kesehatan negara Eropa itu.

Jerman telah memberlakukan sejumlah pembatasan sejak November namun tetap kesulitan menekan angka kasus covid-19 dalam beberapa pekan terakhir seiring meningkatnya kasus varian covid-19 Inggris.

Baca juga: Belgia Khususkan Vaksin AstraZeneca untuk Warga di Atas 55 Tahun

Dalam pertemuan terakhir antara Merkel dan pemimpin 16 negara bagian Jerman, Maret lalu, disepakati sejumlah aturan nasional termasuk lockdown dan jam malam di kawasan yang mencatatkan 100 kasus baru di antara 100 ribu penduduk selama tujuh hari.

Namun, berdasarkan sistem pemerintahan Jerman, setiap negara bagian berhak menentukan aturan sendiri. Sejumlah negara bagian tidak memberlakukan pembatasan ketat meski kasus covid-19 di wilayah mereka meroket.

"Peraturan yang tidak konsisten berkontribusi pada meroketnya kasus covid-19. Saat ini, sistem kesehatan Jerman berada dalam tekanan," tegas Demmer sembari menggarisbawahi kenaikan 5% pada pasien yang dirawat di ruang perawatan intensif dalam tempo 24 jam terakhir. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT