08 April 2021, 09:41 WIB

Belgia Khususkan Vaksin AstraZeneca untuk Warga di Atas 55 Tahun


Basuki Eka Purnama | Internasional

BELGIA, Rabu (7/4), mengumumkan membatasi penggunaan vaksin covid-19 AstraZeneca khusus bagi warga yang berusia 55 tahun ke atas setelah Badan Obat-Obatan Eropa (EMA) menyebut vaksin itu bisa menyebabkan pengentalan darah, meski jarang.

Penghentian vaksinasi covid-19 menggunakan vaksin AstraZeneca bagi warga berusia antara 18 dan 55 tahun didasarkan pada penemuan ilmiah, ujar Kementerian Kesehatan Belgia.

Warga yang berusia di antara 18 dan 55 tahun, imbuh kementerian itu, akan mendapatkan suntikan vaksin Pfizer/BioNTech atau Moderna.

Baca juga: Untuk Pertama Kalinya, Prancis Mengemas Vaksin Pfizer

Berbeda dengan negara-negara Uni Eropa lainnya, Belgia tidak pernah membatasi penggunaan vaksin covid-19 AsstraZeneca, sembari menunggu rekomendasi dari EMA.

Meski begitu, pemerintah Belgia menegaskan keputusan itu tidak akan mempengaruhi kampanye vaksinasi covid-19 yang telah berjalan mengingat mayoritas lansia di negara itu telah divaksin.

Menjelaskan keputusan terkait vaksin AstraZeneca, Kementerian Kesehatan Belgia mengungkapkan bahwa vaksin itu secara signifikan menurunkan risiko dirawat di rumah sakit bagi warga yang berusia 55 tahun ke atas.

Untuk mereka yang berusia di bawah itu, vaksin AstraZeneca tetap bermanfaat namun vaksin alternatif telah ada dan memiliki rasio manfaat/risiko yang lebih baik. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT