08 April 2021, 06:53 WIB

Biden akan Umumkan Kebijakan Antikekerasan Senjata Api


Basuki Eka Purnama | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Kamis (8/4), akan mengumumkan kebijakan untuk mengatasi maraknya kekerasan menggunakan senjata api di negara itu. Hal itu diungkapkan juru bicara Gedung Putih Jen Psaki.

Gedung Putih tidak menjelaskan apa yang akan diumumkan Biden namun Politico melaporkan presiden AS itu akan mengeluarkan perintah eksekutif untuk membatasi penjualan beberapa tipe senjata api.

Secara khusus, Biden dilaporkan akan membatasi penjualan ghost gun, senjata rakitan yang tidak bisa dilacak karena tidak memiliki nomor seri.

Baca juga: Biden: Semua Warga Dewasa AS Bisa Divaksin Covid-19 Mulai 19 April

Biden disebut akan didampingi Jaksa Agung AS Merrick Garland saat mengumumkan kebijakan itu.

Biden telah lama berjanji akan bertindak tegas terhadap budaya kepemilikan senjata api di AS yang disebutnya memicu terjadinya penembakan massal di 'Negeri Paman Sam' itu.

Mantan wakil presiden di era Barack Obama itu mendapat desakan untuk segera bertindak setelah terjadinya penembakan massal di Colorado, Georgia, dan California.

Biden menegaskan dirinya mendukung pengetatan pemeriksaan latar belakang bagi konsumen senjata api dan melarang penjualan senapan serbu. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT