07 April 2021, 16:39 WIB

Lawan Terorisme, RI-Inggris Perkuat Kerja Sama


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

MENTERI Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab untuk membahas kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan. 

Kedua belah pihak menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait penanggulangan terorisme pada Rabu (7/4) pagi. “Penandatanganan MoU Penanggulangan Terorisme akan menjadi platform untuk memperkuat kerja sama keamanan terhadap ancaman terorisme,” ujar Retno dalam konferensi pers virtual.

“Saya juga menyambut baik upaya untuk memperdalam kerjasama di bidang pertahanan. Khususnya melalui Joint Defense Cooperation Dialogue,” imbuhnya.

Baca juga: Perlu Kolaborasi untuk Cegah Terorisme

Ke depan, Retno berharap Indonesia dan Inggris dapat meningkatkan kerja sama bidang industri pertahanan dan kapasitas sumber daya manusia. Serta, pembangunan perdamaian, kerja sama kemanusiaan dan bantuan bencana, berikut keamanan maritim.

Selain membahas kerja sama bilateral, kedua perwakilan pemerintah juga membahas masalah dari Timur Tengah, Myanmar hingga persiapan Inggris menjadi tuan rumah COP-29, serta Presidensi Indonesia di G20.

“Tentang Myanmar, kami berbagi kepedulian yang sama dan terus menyerukan kepada Militer Myanmar untuk menghentikan penggunaan kekuatan untuk mencegah korban sipil lebih lanjut. Menciptakan kondisi yang kondusif bagi dialog untuk mengembalikan demokrasi, perdamaian dan stabilitas,” jelas Retno.

Baca juga: Indonesia Ajak Inggris Perkuat Kerja Sama Melawan Pandemi

Kemudian, terdapat pembahasan soal komunitas internasional. Termasuk, Inggris yang dapat mendukung upaya ASEAN untuk membantu Myanmar dalam menyelesaikan konflik internal.

“Semua ini menggarisbawahi komitmen Inggris terhadap Indo-Pasifik dan ambisi kami untuk hubungan yang lebih kuat dengan Indonesia. Tercermin tidak hanya dalam masalah bilateral yang kita diskusikan, tetapi juga masalah global dari proses perdamaian Timur Tengah ke Myanmar,” tutur Raab.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT