07 April 2021, 09:15 WIB

Hongaria akan Longgarkan Pembatasan Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

HONGARIA akan melonggarkan pembatasan covid-19 mulai Rabu (7/4) setelah Perdana Menteri Viktor Orban mengatakan sebanyak hampir seperempat populasi negara itu telah setidaknya menerima dosis pertama vaksin covid-19.

"Hari ini, kita mencapai tonggak penting dengan 2,5 juta warga kita telah divaksinasi," ujar Orban dalam pesan video Facebook, Selasa (6/4).

Kampanye vaksinasi covid-19 Hongaria dipercepat pada bulan lalu setelah pemerintah memutuskan menunda pemberian dosis kedua, berubah dari strategi sebelumnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meroket, New Delhi Berlakukan Jam Malam

Hongaria merupakan satu-satunya negara Uni Eropa yang menggunakan vaksin covid-19 asal Rusia dan Tiongkok, yang belum mendapatkan izin dari blok tersebut.

Orban mengatakan kecepakatan kampanye vaksinasi membuat pemerintah Hongaria bisa melonggarkan pembatasan sembari berjanji akan menyelesaikan kampanye vaksinasi covid-19 itu sebelum negara-negara anggota Uni Eropa lainnya.

"Hongaria bisa, dan akan, menjadi negara Eropa yang paling cepat memvaksinasi seluruh warganya," tegasnya.

Bulan lalu, Orban mengatakan pembatasan covid-19 bisa dilonggarkan saat 2,5 juta warga Hongaria telah divaksinasi. Salah satunya adalah dengan membuka kembali toko nonesensial.

Jam malam, yang telah diberlakukan sejak November, juga akan dilonggarkan dengan dimulai pada pukul 22.00 ketimbang pukul 20.00 seperti sebelumnya.

Sekolah akan diizinkan beroperasi lagi pada 19 April jika semua guru telah divaksinasi. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT