07 April 2021, 07:27 WIB

Kasus Covid-19 Meroket, New Delhi Berlakukan Jam Malam


Basuki Eka Purnama | Internasional

IBU Kota India, New Delhi, Selasa (6/4), memberlakukan jam malam, sehari setelah negara itu membukukan angka kasus covid-19 terbanyak sepanang pandemi. Hal yang sama diberlakukan juga oleh Kota Mumbai.

Kekhawatiran memuncak sejak India menembus angka 100 ribu kasus covid-19 dalam tempo 24 jam untuk pertama kalinya selama pandemi pada Senin (5/4).

New Delhi, yang berpenduduk 25 juta orang, dan kota-kota besar India lainnya telah memberlakukan pembatasan pergerakan bagi warga mereka.

Baca juga: Penelitian: Dosis Pertama Vaksin Covid-19 tidak Melindungi

Pemerintah New Delhi mengatakan meningkatnya kasus covid-19 membuat pemberlakuan jam malam diperlukan.

Jam malam di New Delhi berlaku setiap malam mulai pukul 22.00 hingga pukul 05.00. Kebijakan ini akan berlaku hingga akhir April.

Sejak jam malam diberlakukan, Selasa (6/4), toko dan pedagang kaki lima tidak beroperasi. Meski begitu, sejumlah kendaraan masih terlihat melintas.

New Delhi melaporkan 3.548 kasus baru covid-19 pada Senin (5/4), masih di bawah puncak, pada November lalu, yang mencapai 9 ribu kasus.

Meski begitu, pemerintah India tidak memberlakukan lockdown nasional seperti yang diberlakukan pada Maret tahun lalu dalam upaya membangkitkan perekonomian negara itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT