07 April 2021, 07:01 WIB

Jumlah Kematian Harian Covid-19 di Brasil Lampaui 4 Ribu


Nur Aivanni | Internasional

KEMENTERIAN Kesehatan Brasil, Selasa (6/4), mengatakan negara tersebut mencatat lebih dari 4.000 kematian akibat covid-19 dalam tempo 24 jam untuk pertama kalinya sejak awal pandemi.

Virus korona merenggut 4.195 nyawa pada hari paling mematikan selama pandemi di negara Amerika Selatan itu, yang memiliki total korban tewas yang dilaporkan sekarang hampir 337.000. Jumlah tersebut adalah tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS).

"Kami berada dalam situasi yang mengerikan dan kami tidak melihat langkah-langkah efektif baik oleh pemerintah negara bagian atau federal dalam menanggapi ini," kata Ahli Epidemiologi Ethel Maciel dari Espirito Santo Federal University.

Baca juga: Trudeau Minta Warga Kanada Bersabar Hadapi Pandemi

"Pada tingkat yang kami vaksinasi - 10% dari populasi (dengan dosis pertama) sejauh ini - satu-satunya cara untuk memperlambat penyebaran virus yang sangat cepat adalah penguncian yang efektif setidaknya selama 20 hari," lanjutnya.

"Sayangnya, politik telah membawa kita ke tempat kita sekarang ini, jumlah orang yang kehilangan nyawanya sangat besar ini. Sangat menyedihkan," katanya.

Krisis kesehatan tersebut tampaknya berubah menjadi masalah politik bagi Presiden Jair Bolsonaro untuk mengendalikan situasi yang ada. Pasalnya, saat ini, dia menghadapi tekanan yang meningkat, termasuk dari sekutu di Kongres dan sektor bisnis.

Negara berpenduduk 212 juta orang ini telah mencatat rata-rata 2.757 kematian akibat covid-19 per hari selama seminggu terakhir, yang tertinggi sejauh ini di seluruh dunia.

Unit perawatan intensif, saat ini, lebih dari 90% penuh di 18 dari 27 negara bagian di Brasil, menurut lembaga kesehatan masyarakat Fiocruz. Semuanya, kecuali dua, berada di "zona peringatan kritis" dengan tingkat hunian lebih dari 80%. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT