07 April 2021, 06:33 WIB

Ukraina Desak NATO Percepat Proses Keanggotaan Mereka


Basuki Eka Purnama | Internasional

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky, Selasa (6/4), mendesak NATO untuk mempercepat proses keanggotaan negara itu ke blok tersebut. Zelensky menyebut hal itu merupakan satu-satunya cara Ukraina bisa menghadapi kelompok separatis pro-Rusia.

Zelensky berbicara dengan Sekretaris Jendera NATO Jens Stoltenberg seiring meningkatnya bentrokan dan pergerakan militer Rusia di perbatasan yang meningkatkan ketakutan mengenai memburuknya konflik separatis di timur Ukraina.

Lewat cicitan selepas pembicaraan itu, Zelensky mengatakan telah tiba saatnya bagi NATO untuk mengesahkan keanggotaan Ukraina.

Baca juga: Inggris Prihatin dengan Aktivitas Rusia di Perbatasan Ukraina

Dia menegaskan Kiev berkomitmen untuk melakukan reformasi pertahanan seperti yang dituntut NATO sebelum mengesahkan keanggotaan mereka.

"Namun, reformasi itu tidak akan menghentikan Rusia," ujar Zelensky yang berharap negaranya diundang bergabung dalam pertemuan NATO Membership Action Plan (MAP) pada tahun ini.

"NATO adalah satu-satunya cara menghentikan perang di Donbas. Keikutsertaan Ukraina di MAP akan menjadi sinyal tegas bagi Rusia," lanjutnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT