06 April 2021, 08:56 WIB

AS Janjikan Bantuan Vaksin untuk Dunia


Basuki Eka Purnama | Internasional

AMERIKA Serikat (AS) akan segera memberikan bantuan vaksin covid-19 untuk negara-negara lain di dunia dan berjanji hal itu dilakukan tanpa pamrih. Hal itu dikatakan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Senin (5/4).

Blinken mengatakan, saat ini, prioritas utama AS adalah di dalam negeri. Namun, saat target yang dijanjikan Presiden Joe Biden--90% warga diimunisasi--mendekati kenyataan, diprediksi pada 19 April, 'Negeri Paman Sam' itu siap berbuat lebih.

"Kami mempelajari opsi untuk berbagi lebih banyak dengan negara-negara di dunia. Kami merasa berada dalam posisi untuk berbuat lebih lagi," ujar Blinken.

Baca juga: Phuket Memulai Vaksinasi Covid-19 Massal Sebelum Pariwisata Dibuka

"Dengan membantu mengatasi salah satu pandemi paling mematikan sepanjang sejarah, kami bisa menunjukkan kepada dunia, sekali lagi, bahwa AS bisa menjami pemimpin," lanjutnya.

Mengakui semakin parahnya penderitaan di sejumlah negara di dunia, Blinken menegaskan, "Kami bergerak secepat mungkin!"

Blinken telah menunjuk Gayle Smith, pemimpin Badan Perkembangan Internasional di era Presiden Barack Obama, sebagai koordinator AS untuk masalah covid-19.

AS, bulan lalu, mengumumkan inisiatif bersama dengan India, Jepang, dan Australia untuk memproduksi lebih dari 1 juta dosis vaksin covid-19 pada akhir tahun ini dengan fokus untuk didistribusikan di kawasan Asia Tenggara. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT