01 April 2021, 21:39 WIB

96 Anak di Palestina Lahir dari Program Bayi Tabung


Mediaindonesia.com | Internasional

KLUB Tahanan Palestina (Palestinian Prisoners' Club), kelompok hak asasi yang berbasis di Tepi Barat, memperkirakan 96 bayi telah lahir dengan program fertilisasi in-vitro (IVF) atau bayi tabung dari ayah mereka yang dipenjara.

"Banyak kelahiran yang berasal dari Razan Center di Nablus. Tempat ini hanya menerima wanita yang tua atau mereka yang suaminya memiliki hukuman yang lama," kata dokter Palestina yang melakukan prosedur tersebut, Ghosson Badran, Kamis (1/4).

Istri narapidana memperoleh perawatan gratis di Razan. Tetapi memverifikasi sperma yang disumbangkan dari suami yang dipenjara itu rumit.

 

Badran mengatakan pernyataan sumpah dari kedua sisi keluarga diperlukan sebelum upaya IVF. "Kami tidak tahu bagaimana mereka mendapatkannya dan kami tidak menanyakan rinciannya kepada mereka," katanya kepada AFP.

 

Sementara banyak pasien melihat upaya itu sebagai kemenangan atas Israel, lanjut Badran, tim medis berusaha untuk tetap keluar dari politik.

Hindawi, dokter Gaza, mengatakan dia juga tidak bertanya. "Itu bukan pekerjaanku. Biasanya tidak ada yang menanyakan tentang DNA itu. Sebab ada kepercayaan, karena istrilah yang membawanya," imbuhnya.

 

Tetapi bagi Muhannad Zibn muda, hanya satu hal yang penting. Dia bilang dia rindu untuk melihat ayahnya. "Untuk memeluknya dan terutama pergi dan membeli mainan dengannya, seperti anak-anak lain." (OL-14)

BERITA TERKAIT