31 March 2021, 12:46 WIB

Bolivia Percepat Vaksinasi Covid-19 di Perbatasan dengan Brasil


Basuki Eka Purnama |

BOLIVIA, Selasa (30/3), mengatakan akan mempercepat kampanye vaksinasi covid-19 di wilayah perbatasan dengan Brasil, tempat munculnya varian baru virus korona.

"Saya telah memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk memvaksinasi seluruh populasi di perbatasan negara ini, dimulai dari mereka yang berada di perbatasan dengan Brasil," ujar Presiden Bolivia Luis Arce.

"Kami tidak mengabaikan fakta adanya varian baru yang berkembang tanpa kendali. Jadi kami harus berhati-hati," imbuhnya.

Baca juga: Brasil Keluarkan Dana Ekstra US$1,2 Miliar untuk Lawan Covid-19

Vaksinasi covid-19 di Bolivia telah dimulai, beberapa pelan lalu, di wilauah perkotaan dan kemudian akan dilanjutkan ke wilayah pedalaman. Namun, kini, pemerintah memilih memprioritaskan kawasan perbatasan.

Otoritas kesehatan Bolivia terus mengawasi laporan mengenai varian baru covid-19 di Brasil meski keberadaannya di Bolivia belum bisa dipastikan.

Bolivia dan Brasil berbagi perbatasan sepanjang 3.400 kolometer dan tiga dari sembilan provinsi di Bolivia--Santa Cruz, Beni, dan Pando--berada di perbatasan dengan Brasil. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT