24 March 2021, 09:13 WIB

NASA akan Uji Coba Helikopter Mars, April


Basuki Eka Purnama | Internasional

NASA, menargetkan awal April untuk menguji Helikopter Mars Ingenuity dengan menyalakan dan menerbangkan kendaraan itu. Hal itu diungkapkan Badan Luar Angkasa Amerika Serikat (AS) itu, Selasa (23/3).

Saat ini, pesawat ringan itu masih berada di dalam kendaraan penjelajah NASA, Perseverance, yang mendarat di Planet Merah itu pada 18 Februari lalu.

Pada Minggu (21/3), Perseverance melepaskan pelindung yang melindungi Ingenuity saat pendaratan. Perseverance juga tengah membangun semacam landasan bagi Ingenuity untuk lepas landas.

Baca juga: Pentagon Sebut Ancaman Tiongkok Serang Taiwan Serius

"Kami memperkirakan tanggal 8 April untuk penerbangan pertama Ingenuity," ujar insinyur kepala Helikpter Mars Bob Balaram.

Balaram mengungkapkan bahwa Ingenuity membawa potongan kain yang digunakan Wright bersaudara di sayap pesawat terbang mereka, Kitty Hawk. Kitty Hawk merupakan pesawat yang melakukan penerbangan pertama pada 1903.

Ingenuity akan berupaya melakukan penerbangan di atmosfer yang memiliki 1% ketebalan atmosfer Bumi.

Penerbangan pertama itu akan membawa Ingenuity naik sejauh 1 meter per detik hingga ketinggian 3 meter. Helikopter itu kemudian akan melayang di sana selama 30 detik sebelum kembali mendarat.

Ingenuity akan mengambil foto resolusi tinggi saat terbang. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT