19 March 2021, 12:02 WIB

Norwegia dan Swedia Putuskan Tunda Vaksinasi AstraZeneca


Basuki Eka Purnama | Internasional

NORWEGIA dan Swedia, Kamis (18/3), mengatakan akan menunggu sebelum kembali menggunakan vaksin covid-19 AstraZeneca meski otoritas obat-obatan Uni Eropa menyatakan vaksin tersebut aman.

Badan Obat-Obatan Eropa (EMA), setelah melakukan penyelidikan, mengatakan vaksin AstraZeneca aman dan efektif serta tidak terkait dengan risiko pengentalan darah.

Pernyataan yang sama dengan yang dilansir Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) itu menyebabkan sejumlah negara Eropa seperti Jerman, Prancis, dan Italia mengatakan akan melanjutkan kampanye vaksinasi covid-19 menggunakan vaksin AstraZeneca.

Baca juga: Bank Dunia Biayai Vaksinasi di Negara Miskin Asia

Institut Kesehatan Publik Norwegia (NIPH) mengaku mendengar pernyataan EMA itu namun menyebut hal itu terlalu prematur untuk dijadikan kesimpulan.

NIPH menyatakan akan mengeluarkan kesimpulan sendiri pada pekan depan.

"Vaksinasi menggunakan vaksin AstraZeneca akan tetap dihentikan hingga kami mengetahui pasti situasi ini," ujar Direktur NIPH Camilla Stoltenberg.

Negara tetangga Norwegia, Swedia juga mengatakan akan melanjutkan pembekuan vaksinasi covid-19 menggunakan vaksin AstraZeneca. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT