15 March 2021, 11:07 WIB

Bahrain Longgarkan Sejumlah Pembatasan Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

BAHRAIN, Minggu (14/3), melonggarkan sejumlah pembatasan covid-19, termasuk mengizinkan makan di ruang dalam restoran dan membuka kembali lembaga pendidikan saat jumlah kasus melandai.

Restoran dan kafe, yang sebelumnya dibatasi hanya untuk layanan pesan antar sejak akhir Januari, boleh beroperasi dengan syarat tidak lebih dari 30 pelanggan pada satu waktu, menurut Kementerian Kesehatan.

Fasilitas olahraga dan kolam renang sudah bisa lagi menerima pengunjung pada Minggu (14/3), namun pertemuan sosial lebih dari 30 orang di rumah dan tempat pribadi lainnya masih dilarang.

Baca juga: Pejabat RS di Yordania Ditahan karena Kematian Pasien Covid-19

Pejabat kementerian mendesak masyarakat agar bersedia divaksin dan terus mematuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak fisik dan mencuci tangan.

Jumlah kasus harian covid-19 di Bahrain turun dari puncaknya 896 kasus pada pertengahan Februari menyusul peningkatan stabil sejak Desember.

Negara tersebut, yang menawarkan warganya empat jenis vaksin covid-19, mencatat 579 kasus tambahan covid-19 pada Minggu (14/3).

Kasus harian covid-19 di negara tetangga Teluk Uni Emirat Arab (UAE), yang meluncurkan salah satu tingkat vaksinasi tercepat di dunia, juga mengalami penurunan dari puncaknya 3.977 kasus pada awal Februari, dengan 1.992 kasus pada Minggu (14/3).

Rumah sakit swasta di UAE kini dapat kembali melakukan operasi terencana, pengobatan kosmetik dan fisioterapi, seperti dilansir surat kabar Khaleej Times, Sabtu (13/3), mengutip surat edaran Kementerian Kesehatan. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT