07 March 2021, 13:05 WIB

500 Ribu Warga Irlandia Sudah Divaksin


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

IRLANDIA telah memberikan setengah juta suntikan virus korona bagi warganya, berdasarkan laporan Eksekutif Layanan Kesehatan (HSE).

Perdana Menteri Irlandia Micheál Martin memuji kemajuan negaranya dalam menangani pandemi.

Berbicara dalam sebuah video yang diunggah di Twitter, Martin mengaku terinspirasi oleh kunjungan ke pusat vaksinasi baru-baru ini ketika ribuan petugas kesehatan garis depan menerima inokulasi.

Dia mengatakan, pemerintah dan HSE sedang melakukan segala cara untuk mengamankan pasokan dan memberikan vaksin kepada masyarakat secepat mungkin. Vaksin virus korona pertama di Irlandia diberikan kepada seorang wanita Dublin, Annie Lynch, pada 29 Desember.

“Minggu depan kami akan mulai memvaksinasi mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya serta terus memvaksinasi mereka yang berusia di atas 70 tahunan dan petugas kesehatan,” kata Martin.

Taoiseach menilai vaksin tersebut mampu mengurangi dampak virus, dilihat dari penurunan tingkat infeksi di panti jompo dan di antara petugas kesehatan garis depan.

“Ini membawa harapan, seiring dengan terus menurunnya jumlah covid-19, berkat pengorbanan yang telah Anda lakukan.”

“Tingkat kejadian 14 hari (kasus yang dikonfirmasi per 100.000 penduduk) turun di bawah 200, minggu ini untuk pertama kalinya sejak Natal. Sementara layanan kesehatan kami masih dalam tekanan, jumlah pasien di rumah sakit dan ICU kami berkurang secara signifikan,” tuturnya.

Namun, dia menambahkan catatan kehati-hatian, memperingatkan bahwa dengan adanya varian baru virus, masyarakat tidak boleh santai dalam mematuhi batasan.

Pada Sabtu, demonstrasi damai menentang pembatasan lockdown terjadi di Cork.

Peristiwa serupa di Dublin pekan lalu berakhir dengan adegan kekerasan, dengan 23 orang ditangkap dan tiga gardaí terluka. Ada banyak kehadiran polisi di Cork dan beberapa toko menutup jendela mereka saat diperkirakan beberapa ratus orang berkumpul di jalan St Patrick.

Ada permohonan untuk membatalkan acara tersebut, termasuk oleh walikota Joe Kavanagh dan menteri pemerintah Simon Coveney.

Penyelenggara demonstrasi, Konvensi Rakyat, mengatakan skdi itu akan menjadi “pertemuan damai”.

Pada Sabtu, jumlah pasien dengan covid-19 dalam perawatan intensif di Irlandia turun menjadi 101, dengan jumlah kasus di rumah sakit sebanyak 414. (The Guardian/OL-8)

 

BERITA TERKAIT