03 March 2021, 00:55 WIB

Jaringan Internet Milik Elon Musk akan Jangkau India


Insi Nantika Jelita | Internasional

JARINGAN internet Starlink dari SpaceX, perusahaan milik Elon Musk, dikabarkan akan menjangkau di India.

Pengumuman itu dibuat setelah konfirmasi rencana pembangunan pabrik mobil listrik Tesla di negara tersebut. Dilansir Financial Express, internet Starlink akan mencapai India pada tahun depan. Namun, jangka waktunya belum ditentukan.

Sejumlah kota besar di India yang bakal disasar jaringan internet Starlink, yaitu New Delhi, Bengaluru, Mumbai, Chennai, Kolkata dan Hyderabad. Akan tetapi, belum ada informasi menyeluruh tentang detail rencana tersebut.

Baca juga: Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia, Geser Jeff Bezos

Akhir 2020 lalu, Starlink mulai membuka pemesanan awal ke calon pengguna yang lebih luas. Pemesanan awal Starlink dinilai tidak terlalu sulit. Dalam hal ini, pengguna cukup mengunjungi situs resmi Starlink dan memilih opsi untuk memesan.

Kemudian, pengguna diminta memasukkan kode PIN. Setelah mereka menemukan area tempat tinggal, berlanjut klik 'pesan sekarang'. Penguna akan dialihkan ke halaman lain di mana mereka harus mengisi detail ketentuan pemesanan dan membayar sejumlah uang.

Baca juga: Tesla Pilih India Ketimbang RI, Ini Pandangan Arcandra Tahar

Apabila ketentuan itu tidak dilakukan dalam waktu yang ditetapkan, Starlink akan membatalkan proses pemesanan dan memuat beranda kembali. Pengguna juga akan diminta membayar biaya deposit sebesar US$99. 

Setelah pengguna melakukan pembayaran, akses prioritas di lokasi akan dipesan. Jumlah yang dibayarkan dapat dikembalikan sepenuhnya. Hal itu memungkinkan pengguna untuk mundur pada tahap selanjutnya. Kartu debit dan kredit juga bisa digunakan dalam pembayaran.

Untuk proyek Starlink, SpaceX telah meluncurkan lebih dari 1.000 satelit. Saat ini, Starlink menyediakan kecepatan internet berkisar 50-150 Mbps, dengan latensi sekitar 20-40 ms.(FinancialExpress/OL-11)
 

BERITA TERKAIT