01 March 2021, 19:26 WIB

Iran Tolak Tuduhan Serang Kapal Israel


Mediaindonesia.com | Internasional

KEMENTERIAN Luar Negeri Iran dengan keras menolak tuduhan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa Teheran berada di balik serangan baru-baru ini terhadap kapal milik Israel di Teluk Oman.

"Ini memang tindakan Iran. Itu jelas," tuding Netanyahu kepada penyiaran publik Israel, Kan, mengacu pada MV Helios Ray yang pekan lalu mengalami ledakan di Teluk Oman dan meninggalkan dua lubang di sisinya.

"Kami membantah keras tuduhan ini," kata juru bicara Saeed Khatibzadeh pada konferensi pers pada Senin (1/3). Ia menambahkan bahwa sumber tuduhan itu sendiri menunjukkan betapa tidak validnya (klaim tersebut).

Dia menambahkan bahwa Netanyahu menderita obsesi dengan Iran.

MV Helios Ray, pengangkut kendaraan, sedang melakukan perjalanan dari pelabuhan Dammam di Saudi ke Singapura ketika ledakan terjadi pada Kamis (25/2), menurut kelompok keamanan Maritim Global Dryad yang berbasis di London.

Tidak jelas penyebab ledakan tersebut yang mengenai lambung kapal tetapi tidak menimbulkan korban jiwa di antara awak kapal atau kerusakan pada mesin.

Harian Kayhan ultrakonservatif Iran pada Minggu (28/2) mengatakan poros perlawanan Teheran dan sekutu regionalnya mungkin berada di balik ledakan itu yang mengklaim kapal itu milik tentara Israel.

"Kapal mata-mata ini, meskipun berlayar secara diam-diam, mungkin telah jatuh dalam penyergapan salah satu cabang poros perlawanan," tambahnya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Istilah poros perlawanan biasanya mengacu pada Republik Islam dan kekuatan sekutunya di wilayah tersebut.

Israel telah lama menuduh musuh bebuyutan Iran mencoba memperoleh senjata nuklir, tuduhan yang selalu dibantah oleh Teheran.

Iran menyalahkan pembunuhan pada 27 November lalu terhadap ilmuwan nuklir ternamanya Mohsen Fakhrizadeh kepada negara Yahudi tersebut. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT