28 February 2021, 13:55 WIB

Thailand Mulai Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

THAILAND mulai melakukan upaya vaksinasi covid-19 pada Minggu (28/2) waktu setempat. Menteri, pejabat kesehatan dan profesional medis adalah kelompok penerima vaksin tahap pertama yang diprioritaskan.

Dosis pertama vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech Tiongkok, diberikan kepada Wakil Perdana Menteri (PM) Thailand Anutin Charnvirakul, yang juga menteri kesehatan di sebuah institut penyakit menular di pinggiran Bangkok.

"Saya berharap vaksinasi akan membuat orang-orang aman dari penyebaran covid-19 dan memungkinkan Thailand kembali normal secepat mungkin," kata Anutin kepada wartawan setelah divaksin.

Baca juga: Thailand Deteksi Varian Covid-19 Asal Afrika Selatan

PM Thailand Prayut Chan-o-cha yang berusia 66 tahun tampak menghadiri acara tersebut. Dia tidak mendapatkan vaksin karena usianya berada di luar syarat penerima vaksin CoronaVac, yakni 18-59 tahun.

Pekan ini, Thailand menerima 200 ribu dosis vaksin tahap pertama dari Sinovac dari Tiongkok, berikut 117 ribu dosis vaksin buatan AstraZeneca.

“CoronaVac telah didistribusikan ke 13 provinsi berisiko tinggi. Vaksin akan mulai disuntikkan kepada petugas dan relawan di sektor kesehatan, yang menjadi garis terdepan," bunyi pernyataan Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Covax Kirim Vaksin Tahap Pertama ke Ghana

Adapun vaksin covid-19 buatan AstraZeneca akan digunakan pada pekan kedua Maret, setelah melalui uji kendali mutu. Thailand diperkirakan menerima 1,8 juta dosis CoronaVac pada Maret dan April.

Kampanye massal untuk memberikan 10 juta dosis vaksin per bulan dimulai pada Juni mendatang. Dengan 61 juta suntikan vaksin AstraZeneca yang diproduksi oleh perusahaan lokal Siam Bioscience.

Dengan lebih dari 25 ribu kasus infeksi covid-19, Thailand tampaknya lolos dari dampak mengerikan yang diderita sejumlah negara.(CNA/OL-11)

 

BERITA TERKAIT