25 February 2021, 22:30 WIB

UMKM Korsel Donasikan 40 Ribu Masker untuk WNI di Korsel


Insi Nantika Jelita | Internasional

DUTA Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi menuturkan, pihaknya menerima bantuan dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Korsel, Namyoung Global berupa 40 ribu masker. 

Masker tersebut bakal diberikan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Korea Selatan, untuk menghindari penularan covid-19. 

"Hari ini kita menyaksikan tidak hanya contoh nyata dari kemitraan strategis khusus antara Korea Selatan dan Indonesia yang digagas oleh Presiden Moon Jae-In dan Presiden Joko Widodo, tetapi juga wujud persahabatan tulus antara kedua negara," kata Hadi dikutip dari laman pers Kementerian Luar Negeri Indonesia, Kamis (25/2).

Dijelaskan, bantuan 40 ribu masker itu senilai total US$3 ribu atau sekitar Rp42,3 juta. Hadi menyampaikan, KBRI Seoul akan mendistribusikan bantuan tersebut kepada masyarakat Indonesia di Korea Selatan yang berjumlah 37 ribu orang. 

Baca juga : 17 Negara Bakal Terbitkan Paspor Vaksin Covid-19

"Saya mengimbau masyarakat Indonesia di Korea Selatan untuk tetap tenang, terus waspada, semakin sehat lahir batin," ucapnya.

Indonesia disebut sebagai salah satu dari tiga negara prioritas bagi ekspor alat kesehatan dan karantina Korea Selatan di masa pandemi covid-19. Kolaborasi dan jalinan solidaritas antara Indonesia dan Korea Selatan di bidang kesehatan dan penanganan pandemi dikatakan telah terjalin di bawah kerangka kemitraan strategis khusus. 

Namyoung Global sendiri merupakan perusahaan UMKM yang bergerak di bidang general trading dan manufaktur. Salah satu bidang yang digeluti oleh Namyoung Global saat ini ialah pengadaan mesin bagi perusahaan produsen masker kesehatan di Korea Selatan. (OL-7)

BERITA TERKAIT