25 February 2021, 21:40 WIB

17 Negara Bakal Terbitkan Paspor Vaksin Covid-19


Insi Nantika Jelita | Internasional

SEJUMLAH negara bakal mengeluarkan paspor atau sertifikat vaksin, untuk menandakan seseorang telah divaksinasi covid-19 sebelum melakukan perjalanan

Dilansir Express UK, setidaknya ada 17 negara yang membahas kebijakan paspor vaksin sebagai persyaratan bagi para pelancong.

Negara tersebut ialah Siprus, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Yunani, Hongaria, Islandia, Italia, Polandia, Portugal, Slovakia, Spanyol, dan Swedia .

Lalu, negara lain yang membuka perbatasan mereka untuk pelancong yang sudah divaksinasi ialah Seychelles, Georgia, dan Rumania.

Bahrain sendiri dikabarkan telah memperkenalkan fitur di aplikasi BeAware, yang memungkinkan warga untuk membuktikan status vaksin mereka.

Selain itu, di masa depan, semua negara anggota negara Uni Eropa juga berencana meminta bukti vaksinasi covid-19 untuk bepergian.

Baca juga : Filipina akan Terima Pengiriman Vaksin Covid-19 Pertamanya

Menteri Kesehatan Inggri Hancock mengatakan, pada pekan ini pihaknya akan meninjau potensi penggunaan paspor vaksin itu.

Dia menyebut, ada beberapa area di mana akan diperlukan sertifikat atau paspor ini untuk menunjukkan apakah Anda telah divaksinasi atau belum.

“Misalnya, perjalanan internasional ke beberapa negara, jika negara lain mengatakan Anda tidak dapat masuk kecuali Anda memiliki suntikan, maka kami ingin orang Inggris dapat menunjukkannya," jelasnya pada Kamis (25/2).

Pakar Pariwisata asal Inggris Neil Wright mengatakan, paspor vaksin covid-19 dapat berdampak positif pada perjalanan internasional.

"Vaksin telah terbukti mengurangi kemungkinan penularan. Jadi, mengizinkan mereka yang memiliki sertifikat vaksinasi untuk bebas bepergian, membuat mutasi covid-19 tidak akan dengan mudah kembali ke suatu negara," pungkasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT