22 February 2021, 18:46 WIB

Konvoi PBB Diserang, Dubes Italia untuk Kongo Tewas


Adiyanto | Internasional

Duta besar Italia untuk Republik Demokratik Kongo,  Luca Attanasio tewas pada Senin (22/2) dalam misi pencarian fakta ke timur negara yang bermasalah itu,"kata seorang diplomat senior kepada AFP.

"Dia meninggal dengan sejumlah luka setelah konvoi Program Pangan Dunia (WFP) PBB diserang di dekat Goma," kata sumber itu di Kinshasa.

Dua orang lainnya juga tewas dalam serangan itu, Mayor Guillaume Djike, juru bicara angkatan darat di provinsi Kivu Utara mengatakan kepada AFP, tanpa mengidentifikasi identitas korban.

Jumat lalu, PBB melaporkan sekitar 1.300 warga sipil tewas akibat konflik dan kekerasan di Republik Demokratik Kongo hanya dalam hitungan bulan. sementara lebih dari setengah juta orang telah meninggalkan rumah mereka.

"Beberapa serangan mungkin merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang," kata ketua hak asasi manusia Michelle Bachelet.

Kantornya mengatakan jumlah korban melonjak dalam beberapa pekan terakhir karena konflik di provinsi Ituri, Kivu Utara dan Kivu Selatan semakin meluas. Kelompok bersenjata, katanya, telah melakukan pembantaian dan kekejaman, sementara pasukan pemerintah juga melakukan pelanggaran besar.

"Saya terkejut dengan peningkatan serangan brutal terhadap warga sipil tak berdosa oleh kelompok bersenjata, dan oleh reaksi militer dan pasukan keamanan yang juga melakukan pelanggaran berat," kata Bachelet dalam sebuah pernyataan

Di Ituri, para penyelidik HAM menemukan kekerasan menyebar ke wilayah-wilayah baru setelah kelompok bersenjata terbesar, CODECO, terpecah setelah pemimpin utamanya, Ngudjolo Duduko Justin, terbunuh pada Maret lalu..AFP/M-4

 

(AFP/M-4)

BERITA TERKAIT