22 February 2021, 09:35 WIB

Vaksin Covid-19 dari UEA Tiba di Gaza Terkait Pemilu?


Nur Aivanni | Internasional

SEKITAR 20.000 dosis vaksin virus korona dari UEA tiba di Gaza pada Minggu (21/2). Pengiriman itu dilaporkan diatur oleh Presiden Palestina Mahmud Abbas menjelang penyelenggaraan pemilu di Palestina.

Pengiriman itu terjadi pada hari yang sama ketika Gaza mencabut pembatasan yang diberlakukan sejak Agustus untuk pertemuan di aula pernikahan dan pusat kebugaran.

Dosis vaksin Sputnik V buatan Rusia memasuki Gaza melalui penyeberangan Rafah dengan Mesir. Ini berarti pengriman itu tidak melewati Israel yang telah mempertahankan blokade ketat di Gaza sejak 2007.

Pekan lalu, mantan anggota penting partai Fatah, Mohammed Dahlan, yang sekarang diasingkan di Uni Emirat Arab, mengumumkan pengiriman vaksin tersebut sebagai hibah dari Abu Dhabi.

Dahlan, yang saat ini menjadi penasihat keamanan untuk pemimpin UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan, telah mengklaim pujian atas pengiriman tersebut. Beberapa orang Palestina melihat itu sebagai langkah politik menjelang pemilihan legislatif dan presiden pada Mei dan Juli.

Suatu pernyataan pada Minggu dari Gerakan Reformasi mengatakan vaksin itu untuk tim medis di Gaza yang belum memulai kampanye vaksinasi umum.

Kepala Gerakan Reformasi di jalur tersebut, Sufyan Abu Zaida, mengatakan pengiriman ke Gaza itu berkat sumbangan dermawan dari persaudaraan UEA dan hasil dari upaya yang dilakukan oleh Muhammad Dahlan untuk meringankan penderitaan rakyat Palestina. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT