20 February 2021, 11:54 WIB

Imbas Badai Salju, AS Tunda Distribusi Vaksin ke 50 Negara Bagian


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

AMERIKA Serikat (AS) memiliki stok enam juta dosis vaksin covid-19 yang belum terdistribusi, karena badai musim dingin dan pemadaman listrik. 

Pejabat Gedung Putih menuturkan bahwa pemerintah federal berupaya mengejar ketertinggalan pengiriman vaksin hingga minggu depan.

“Semua 50 negara bagian terkena dampak (badai musim dingin),” tutur Andy Slavitt, penasihat senior Tim Tanggap Covid-19 Gedung Putih.

Penundaan distribusi vaksin disebabkan terputusnya akses di sejumlah wilayah. Bahkan, karyawan perusahaan pelayaran tidak bisa bekerja dan pemadaman listrik terjadi di sejumlah lokasi.

Baca juga: G7 Janjikan Bantuan US$7,5 Miliar untuk Vaksinasi di Negara Miskin

“Negara harus bersiap untuk menangani dosis yang sebelumnya dan suntikan (vaksin) yang macet,” imbuh Slavitt.

Otoritas AS terus menggencarkan distribusi vaksin covid-19. Pabrik pengemasan yang mengerjakan vaksin buatan Moderna, baru saja aktif setelah sejumlah ruas jalan dibersihkan.

Awal pekan ini, Moderna terpaksa menunda pengiriman vaksin untuk jangka pendek ke beberapa wilayah. Di lain sisi, uji coba vaksin buatan Pfizer-BioNtech pada anak-anak di bawah 12 tahun akan dimulai pada April depan.

Kedua perusahaan farmasi raksasa telah memulai studi internasional untuk mengevaluasi keamanan dan efektivitas vaksin covid-19 pada wanita hamil yang sehat.(CNA/OL-11)

BERITA TERKAIT