20 February 2021, 10:35 WIB

Biden Segera Deklarasikan Badai Texas sebagai Bencana Besar


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden siap mengumumkan badai musim dingin di Texas sebagai bencana besar. Deklarasi itu mengikuti permintaan dari Gubernur Texas Greg Abbott.

Setelah dinyatakan sebagai bencana besar, bantuan federal akan terbuka lebih luas untuk upaya pemulihan. Biden juga berencana melakukan perjalanan ke negara bagian tersebut selama tidak menjadi beban bagi otoritas lokal.

"Seperti yang saya katakan saat mencalonkan diri, saya akan menjadi Presiden untuk semua warga Amerika," ujar Biden.

Baca juga: Badai Salju Hambat Upaya Vaksinasi di AS

“Jika saya bisa melakukannya tanpa menimbulkan beban bagi warga, saya berencana untuk pergi (ke Texas),” tambahnya.

Biden diperkirakan melakukan panggilan dengan pejabat administrator di Badan Manajemen Darurat Federal (Fema) pada Jumat malam waktu setempat. Ketika cuaca dingin mulai mereda di Texas, aliran listrik perlahan kembali normal.

Namun, jutaan warga terpaksa mengungsi tanpa air minum yang bersih di seluruh wilayah AS bagian selatan. Sekitar 370.000 rumah tangga belum teraliri listrik di Texas, Louisiana dan Mississippi pada Jumat pagi. 

Baca juga: Warga Texas Sulit Peroleh Air Minum akibat Badai Musim Dingin

Di Texas, hampir setengah dari penduduk negara bagian atau sekitar 13 juta orang, berupaya tetap merebus air. Mengingat, lebih dari 700 sistem pasokan air terpengaruh. Sementara itu, di Jackson, Mississippi, sebagian besar dari 150.000 penduduk kota tidak bisa mendapatkan akses air bersih.

Menyoroti wilayah Louisiana, Gubernur John Bel Edwards mengungkapkan sekitar satu juta penduduk tidak memiliki air bersih. Sebab, 98 sistem pasokan air di seluruh negara bagian rusak. Pada Kamis waktu setempat, Biden menyetujui deklarasi bencana untuk negara bagian tersebut.(Guardian/OL-11)

BERITA TERKAIT