19 February 2021, 10:40 WIB

Amerika Serikat Janjikan Dana US$4Miliar Dukung Vaksinasi Global


Nur Aivanni | Internasional

PRESIDEN AS Joe Biden menjanjikan dana bantuan sebesar US$4 miliar untuk program vaksinasi covid-19 global Covax selama pertemuan virtualnya dengan para pemimpin G7 lain, Jumat (19/2). Hal itu disampaikan pada Kamis oleh pejabat senior Gedung Putih yang tidak ingin disebutkan namanya.

Dana bantuan awal senilai US$2 miliar akan dirilis pada akhir bulan ini, kata pejabat Gedung Putih tersebut. Sisanya dirilis selama dua tahun ke depan.

Covax adalah proyek global untuk memperoleh dan mendistribusikan vaksin virus korona untuk setidaknya 20% yang paling rentan di setiap negara. Ini memungkinkan negara-negara miskin untuk mengejar ketertinggalan puluhan negara kaya dalam vaksinasi.

"Amerika Serikat sangat bersemangat untuk memberikan kontribusi pertama kami untuk Covax," kata pejabat Gedung Putih itu. "Kami pikir penting untuk mengambil peran dalam memerangi pandemi secara global," tambahnya.

Meskipun Amerika Serikat memprioritaskan kebutuhan dalam negeri, kata pejabat itu, bantuan ke negara lain mengurangi risiko bagi semua orang di dunia, termasuk Amerika, dan menekan risiko varian baru dari virus tersebut.

Untuk saat ini, kata dia, fokusnya yaitu menyumbangkan dana untuk pembelian vaksin baru. Ketika AS memiliki pasokan yang cukup, negara tersebut bermaksud mempertimbangkan menyumbangkan kelebihan vaksin yang ada. Para pemimpin G7 akan membahas koordinasi internasional untuk mengakhiri pandemi yang mematikan dan mengganggu ketika mereka bertemu secara virtual pada Jumat. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT