19 February 2021, 10:05 WIB

Jumlah Kasus Korona di Brasil Lampaui 10 Juta


Nur Aivanni | Internasional

KASUS korona di Brasil melampaui 10 juta pada Kamis (18/2) di tengah gelombang kedua yang mematikan dan masalah dengan kampanye vaksinasi.

Brasil menjadi negara ketiga yang mencapai angka paling parah setelah Amerika Serikat dan India. Soalnya, lebih dari 51.900 infeksi baru dalam 24 jam, menurut data resmi.

Selama periode satu hari yang sama, 1.367 orang meninggal. Totalnya menjadi lebih dari 243.400.

Angka 10.030.626 di Brasil datang di tengah meningkatnya kritik tentang cara pemerintah Presiden Jair Bolsonaro menangani wabah dan respons vaksinasi. Sejauh ini, 3% dari populasi 212 juta telah menerima satu dari dua dosis vaksin yang dibutuhkan.

Kampanye sebulan lamanya dengan vaksin CoronaVac Tiongkok dan AstraZeneca harus dihentikan di beberapa kota besar karena kekurangan dosis, termasuk di Rio de Janeiro. Menteri Kesehatan Eduardo Pazuello mengatakan pemerintah akan memiliki 230 juta dosis pada akhir Juli.

Namun itu tergantung pada pengiriman dosis dari luar negeri serta pengiriman suku cadang untuk fabrikasi di Brasil. Rencana pemerintah juga bergantung pada 10 juta dosis vaksin Sputnik V asal Rusia dan 20 juta dari Covaxin India.

Brasil belum menyelesaikan kontrak dengan kedua negara tersebut. Saat berjuang melawan gelombang infeksi kedua, negara itu juga harus menghadapi varian virus baru yang dianggap lebih menular dengan cepat menyebar ke seluruh negeri. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT