03 February 2021, 10:16 WIB

Irlandia Laporkan 101 Kematian Harian Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

IRLANDIA melaporkan 101 kematian harian akibat covid-19 pada Selasa (2/2) menggarisbawahi tingginya gelombang ketiga covid-19 di negara itu.

Itu merupakan kali pertama angka kematian harian covid-19 di Irlandia melewati angka 100.

Kementerian Kesehatan Irlandia mengatakan sebanyak 3.418 orang telah meninggal dunia akibat covid-19 di negara berpenduduk 5 juta jiwa itu.

Baca juga: UE Tuntut Vaksin Asal Rusia dan Tiongkok Tunjukkan Bukti

Irlandia telah menghadapi dua gelombang covid-19 dengan angka kasus dan kematian yang relatif rendah.

Namun, kasus covid-19 meroket sejak Hari Natal, ketika pembatasan dilonggarkan, dan setelah munculnya varian baru virus korona.

Pada pekan pertama Januari, Irlandia membukukan kasus covid-19 per kapita tertinggi di dunia, menurut Universitas Oxford.

"Tingginya angka kematian yang terjadi kali ini terkait dengan peningkatan infeksi yang terjadi beberapa pekan lalu," ujar Kepala Kesehatan Irlandia Tony Holohan.

Irlandia telah memberlakukan lockdown nasional ketiga sepanjang Januari dengan sekolah, toko nonesensial, restoran, dan bar ditutup sementara warga diminta tetap tinggal di rumah.

Pekan lalu, Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin mengatakan kebijakan itu akan berlaku setidaknya hingga 5 Maret untuk mencegah rumah sakit kewalahan. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT