28 January 2021, 02:55 WIB

Bus Tabrak Mobil Pengangkut Bahan Bakar, 53 Orang Tewas


Widhoroso | Internasional

SEDIKITNYA 53 orang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka setelah sebuah bus sarat penumpang bertabrakan dengan truk pembawa bahan bakar di Kamerun, Rabu (27/1). Tabrakan membuat dua kendaraan tersebut hangus terbakar.

Peristiwa tersebut terjadi di wilayah  Cliff of Dschang, wilayah di barat Kamerun. "Semua korban tewas akibat dibakar tanpa bisa diidentifikasi," kata Awa Fonka Augustine, gubernur Wilayah Barat Kamerun.

Dalam peristiwa tersebut, 29 orang mengalami luka bakar termasuk dua anak-anak dan seorang bayi berusia empat bulan.

Tabrakan antara bus yang membawa puluhan penumpang dengan mobil pembawa bahan bakar itu terjadi sekitar pukul 03.30 waktu setempat. Peristiwa itu terjadi di jalan yang memang sering terjadi kecelakaan karena memiliki tikungan tajam dan serta berada di tepi jurang.

Pemerintah setempat menyebut kecelakaan terjadi kemungkinan karena jarak pandang pengemudi yang terbatas karena kabut. Penyelidikan awal menunjukkan masalah rem juga menjadi penyebab kecelakaan tersebut.

Menteri Perhubungan Kamerun, Jean Ernest Ngalle Bibehe mengatakan kecelakaan yang terjadi pada dini hari ini menunjukkan perlunya pengawasan lebih ketat terkait perjalanan malam yang lebih disukai perusahaan bus antarkota. "Penyelidikan telah dibuka yang akan menetapkan siapa yang bertanggung jawab dan mengambil tindakan yang tepat," katanya.

Kecelakaan lalu lintas yang menelan banyak korban jiwa memang sering terjadi di Kamerun. Pada 27 Desember lalu, sedikitnya 37 orang tewas, termasuk 10 perempuan dan empat anak-anak, di Kamerun tengah, saat bus yang mereka tumpangi jatuh ke dalam jurang setelah menabrak sebuah truk. (AFP/OL-15)

 

BERITA TERKAIT