26 January 2021, 13:52 WIB

WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri Capai 2.948 Orang


Putra Ananda | Internasional

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan jumlah warga negara Indoensia (WNI) di luar negeri yang terkonfirmasi positif covid-19 mencapai 2.948 orang. Hasil itu berdasarkan data per 25 Januari 2021.

"Dari data tersebut, 2.090 orang sudah dinyatakan sembuh, 687 orang menjalani perawatan dan 171 orang meninggal dunia," jelas Retno dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, Selasa (26/1).

Ribuan WNI di luar negeri yang terpapar covid-19, lanjut dia, tersebar di sejumlah negara. Di antaranya, Singapura, Arab Saudi, Amerika Serikat, Kuwait, Korea Selatan, Malaysia, Qatar, Taiwan dan Uni Emirat Arab.

Baca juga: Menlu: Perlindungan WNI di Luar Negeri Jadi Prioritas

"Sejak awal pandemi 2020 lalu, kita sudah mengevakuasi dan memberikan fasilitas pemulangan kembali ke Indonesia kepada 180.045 WNI," papar Retno.

Menurutnya, pemerintah terus melakukan upaya perlindungan kepada WNI yang terdampak pandemi covid-19 di luar negeri. Pemerintah diketahui telah memberikan bantuan 500.000 sembako kepada WNI di luar negeri.

Baca juga: AS Larang Masuk Pelancong dari Brasil, Afrika Selatan, dan Inggris

"Perlindungan WNI kita tentu merupakan prioritas," imbuhnya.

Terkait akses vaksin covid-19 untuk WNI di luar negeri, Retno menyebut pemerintah terus menjalin diplomasi kepada pemerintah setempat. Sehingga, WNI bisa mendapatkan perhatian terkait program vaksinasi. Namun sesuai anjuran WHO, prioritas skema pemberian vaksin tetap mengikuti kebijakan setiap negara.

"Untuk WNI yang ada di luar negeri, kita telah melakukan pendekatan kepada pemerintah negara setempat. Kebijakan akan ikut dari negara setempat. Kita sudah melakukan pendekatan agar masyarakat kita di sana diperhatikan," pungkas Retno.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT