24 January 2021, 12:22 WIB

Anjing di Rep Ceko Dilatih Deteksi Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

DI sebuah pusat pelatihan anjing yang berada di sebuah desa pegunungan Rep Ceko, Renda, Cap, dan Laky menjalani ujian.

Mereka diminta menggendus enam tabung, masing-masing berisi pakaian milik pasien covid-19, pasien noncovid-19, dan sampel palsu.

"Anjing pintar," seru Lenka Valchova, pelatih anjing di pasukan pemadam kebakaran Praha saat Renda duduk di depan salah satu tabung sembari mengibaskan ekornya.

Baca juga: Warga Brasil Minta Bolsonaro Dipecat karena Gagal Atasi Pandemi

Sebuah tim pelatih anjing mendedikasikan waktu mereka untuk melatih dan melaporkan anjing-anjing mereka mencatatkan kesuksesan 95% mendeteksi covid-19 dari sampel yang diberikan.

"Penelitian ini didesain untuk membuktikan kemampuan anjing mendeteksi covid-19 dan menghasilkan metode agar bisa menggunakan anjing terlatih untuk memerangi pandemi ini," ujar kepala proyek Gustav Hotovy.

"Metode ini sukses digunakan untuk penyakit lain, bahkan yang lebih mematikan ketimbang covid-19."

"Pada akhirnya, kita akan bisa mendeteksi banyak orang dalam waktu singkat menggunakan anjing terlatih," imbuhnya dari Desa Kliny di dekat perbatasan dengan Jerman.

Vlachova mengatakan penelitian pertama yang mengonfirmasi bahwa anjing bisa mendeteksi jaringan yang terinfeksi virus dilakukan di Amerika Serikat, sekitar satu dekade lalu.

"Virus mengubah jaringan manusia sehingga bau pasien juga berubah," ujar Vlachova.

Hotovy dan timnya telah melatih anjing mereka sejak Agustus. Menurutnya, bau pasien covid-19 sangat berubah sehingga mudah dibedakan oleh para anjing. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT