24 January 2021, 09:59 WIB

Protes Pembatasan Covid-19, Bar di Rep Ceko Bersikeras Buka


Basuki Eka Purnama | Internasional

BAR dan restoran di Rep Ceko, Sabtu (23/1), kembali buka sebagai protes atas pembatasan covid-19 yang mengharuskan mereka tutup sejak Oktober lalu,

Ratysan venus ambil bagian dari aksi protes yang diorganisasi oleh gerakan Chcipl pes (Anjing telah mati), mengacu pada nama sistem antiepidemi Rep Ceko PES (anjing) yang mengatur pembatasan covid-19.

"Kami telah kecewa dengan pemerintah sejak lama dan kami akan menunjukkan bahwa cara mereka salah," tegas Jiri Janecek, manajer brewery dan restoran Maly Kanek di Jince, barat daya Praha.

Baca juga: Brasil Distribuskan 2 Juta Vaksin Covid-19 AstraZeneca Asal India

"Kami sudah muak dan mendesak para menteri untuk segera mengundurkan diri," imbuh Janecek, salah satu pendiri gerakan itu.

Di jam makan siang, Sabtu (23/1), Maly Janek nyaris penuh dengan para pengunjung meminum bir, keluarga menikmati iga babi atau schnitzel dan para pelayan melakukan aktivitas mereka.

Juru bicara Balai Kota Praha Vit Hofman mengatakan restoran yang memaksa buka terancam denda sebesar 20 ribu crowns (sekitar Rp13 juta).

Selain restoran dan bar, bioskop, gedung pertunjukan, kebun binatang, pusat kebugaran, dan mayoritas toko di Rep Ceko telah tutup sejak Oktober tahun lalu.

Rep Ceko kewalahan mengatasi penyebaran covid-19. Negara anggota Uni Eropa itu mencatatkan lebih dari 930 ribu kasus covid-19 dan 15.270 kematian. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT