22 January 2021, 12:36 WIB

Presiden Argentina Divaksin Covid-19 Sputnik V Rusia


Nur Aivanni | Internasional

PRESIDEN Argentina Alberto Fernandez, pada Kamis (21/1), menerima vaksin virus korona buatan Rusia, Sputnik V.

"Mendapatkan vaksinasi berfungsi untuk menjadi kebal terhadap virus korona. Ayo lakukan," ujarnya di Twitter.

Setelah menerima dosis vaksin pertamanya di Rumah Sakit Posadas Buenos Aires, Fernandez berterima kasih kepada staf medis di seluruh negeri atas upaya memerangi virus.

Argentina menyetujui vaksin untuk digunakan bagi mereka yang berusia di atas 60 tahun, setelah sebelumnya menyetujui untuk kelompok usia yang lebih muda.

Baca jugaArgentina Keluarkan Izin Pemakaian Darurat Vaksin Sputnik V

Administrasi Obat-obatan, Makanan dan Teknologi Medis Nasional (ANMAT) mengatakan vaksin itu berada dalam kisaran keamanan, imunogenisitas, dan kemanjuran yang dapat diterima untuk kelompok usia di atas 60 tahun.

Badan pengatur mengatakan penelitian menunjukkan vaksin itu memiliki kemanjuran sekitar 91,8% untuk mereka yang berusia lebih dari 60 tahun.

Orang lanjut usia pertama yang divaksinasi di Argentina adalah Menteri Kesehatan Daniel Gollan, 65, dari provinsi Buenos Aires.

Argentina menerima pengiriman kedua vaksin Sputnik V pada Sabtu. Negara dengan populasi mendekati 45 juta itu telah mencatat lebih dari 1,8 juta infeksi akibat covid-19 dan lebih dari 46.000 kematian, menurut data dari Johns Hopkins University yang berbasis di AS. (AA/OL-5)

BERITA TERKAIT