22 January 2021, 08:37 WIB

Joe Biden Kembali Gandeng WHO Perangi Covid-19


Nur Aivanni | Internasional

PEMERINTAH Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden akan melanjutkan pendanaannya untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Joe Biden siap mengadakan kerja sama internasional lebih besar dalam memerangi covid-19. Pada hari pertamanya bertugas, Biden mengonfirmasi bahwa dia telah membalikkan keputusan mantan Presiden AS Donald Trump untuk mundur dari WHO.

Dan pada hari kedua, Kepala Penasihat Medis Biden, Anthony Fauci mengonfirmasi bahwa AS akan melanjutkan pembayarannya ke dalam anggaran organisasi tersebut. 

"Dalam keadaan yang sulit, organisasi ini telah mengumpulkan komunitas ilmiah dan penelitian dan pengembangan untuk mempercepat vaksin, terapi dan diagnosa," kata Fauci dalam pertemuan WHO melalui tautan video.

baca juga: Atasi Pandemi, Biden Perketat Aturan Penggunaan Masker

Biden adalah pengkritik keras terhadap pendekatan Trump untuk mengatasi virus korona di AS, dengan lebih dari 400.000 orang tewas akibat virus tersebut. Dia kini tengah berupaya untuk memvaksinasi 100 juta orang dalam 100 hari, meningkatkan penggunaan masker dan pengujian, memperluas tenaga kesehatan masyarakat dan menawarkan lebih banyak bantuan darurat kepada mereka yang berjuang dengan pembatasan.

"Selama hampir satu tahun sekarang, orang Amerika tidak bisa mengandalkan pemerintah federal untuk strategi apa pun. Saat Presiden Biden mulai menjabat hari ini, itu semua berubah," kata Koordinator Satuan Tugas Covid-19 yang baru Jeff Zients.  (AFP/OL-3)

BERITA TERKAIT