21 January 2021, 19:10 WIB

Menkeu Harap Biden Bawa Angin Segar untuk Ekonomi Dunia


M. Ilham Ramadhan Avisena | Internasional

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap Presiden Amerika Serikat yang baru, Joe Biden dapat membawa angin segar pada perekonomian global di tengah tekanan pandemi covid-19.

 

"Amerika Serikat hari ini akan memiliki presiden baru. Tentu merupakan harapan untuk segera pulih dan memberikan kepastian bagi ekonomi dunia," ujarnya dalam 11th Kompas 100 CEO Forum secara daring, Kamis (21/1).

 

Perbaikan ekonomi global juga diharapkan dapat didorong dari Tiongkok yang perekonomiannya lebih dulu pulih. Indonesia, kata Sri Mulyani, juga akan ambil bagian dalam pemulihan ekonomi dunia.

 

Kebijakan fiskal, moneter dan sektor keuangan akan berjalan beriringan untuk mengungkit ekonomi nasional yang terpuruk di 2020.

 

"Kita perlu untuk terus merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi kita, namun pada saat yang sama tetap waspada dan memberikan prioritas agar covid bisa ditangani dan dikendalikan," tutur Sri Mulyani.

 

Joe Biden resmi dilantik menjadi Presiden AS ke-46 pada Rabu (21/1) menggantikan Donald Trump. Pelantikkannya berjalan sederhana karena masih merebaknya pandemi dan kekhawatiran masalah keamanan.

 

Biden menjadi Presiden Negeri Paman Sam tertua, dan akan didampingi oleh Kamala Haris, perempuan pertama yang menjadi Wakil Presiden AS. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT