21 January 2021, 16:11 WIB

Meksiko Puji Langkah Biden Setop Pembangunan Tembok Perbatasan


Nur Aivanni | Internasional

PEMERINTAH Meksiko memuji langkah Presiden AS Joe Biden untuk menghentikan pembangunan tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko, serta reformasi terkait imigrasi lainnya.

"Meksiko menyambut baik berakhirnya pembangunan tembok, inisiatif imigrasi yang mendukung DACA dan jalan menuju kewarganegaraan ganda," tulis Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard di Twitter, Kamis (21/1).

 

Dia merujuk pada program Tindakan Penangguhan untuk Kedatangan Anak-Anak (DACA) untuk mengatur status imigrasi orang-orang muda yang datang secara ilegal sebagai anak-anak, yang coba dihentikan oleh Trump.

 

Perintah penghentian pekerjaan di pagar baja raksasa itu merupakan salah satu tindakan pertama Biden setelah dilantik pada Rabu.

 

Dia juga berencana untuk mengirim RUU ke Kongres untuk mengubah kebijakan imigrasi dan memberikan jutaan migran tidak berdokumen yang tinggal di dalam negara itu jalan menuju kewarganegaraan, menurut para pembantunya.

 

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador adalah salah satu pemimpin terkenal terakhir yang memberi selamat kepada Biden atas kemenangannya dalam pemilu, dengan mengatakan dia ingin menunggu sampai sengketa hukum diselesaikan terlebih dahulu.

 

Pada Rabu, Lopez Obrador berharap Biden sukses jelang pelantikannya. Dia pun mengatakan bahwa dia setuju dengan prioritas kebijakan Biden, termasuk tentang masalah migrasi. (AFP/OL-8)

 

BERITA TERKAIT